CISCO SERBA 9000?

Jun 24, 2021

CISCO SERBA 9000?

TEKNOLOGI WIRED DAN WIRELESS ANDALAN CISCO AKHIRNYA BERSATU

 

 

“Apa faedahnya persatuan product family ini?”, “Apa saja produk-produk serba 9 ribu yang ditawarkan oleh Cisco?”, “Dengar-dengar ada software baru ya? DNA itu apa?”, “Mas, DNA-nya tolong di-takeout saja bisa ga?”, “Mengapa saya harus mempertimbangkan untuk melakukan upgrade perangkat saya?

Switch saya masih fine-fine aja kok.”

 

Adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering kami, personil Cisco partner, temui saat kami melakukan anjangsana ke customer. Inilah yang mendorong kami untuk menerbitkan artikel khusus Cisco Catalyst 9000. Kami harap artikel berikut cukup menjawab kecemasan Bapak / Ibu pembaca sekalian  

 

  FITUR DAN BENEFIT

Setiap produk baru yang Cisco hadirkan selalu membawa fitur-fitur baru yang mempermudah pekerjaan Anda. Berikut adalah fitur-fitur Cisco Catalyst 9000.

 

  1.   OPERATING SYSTEM IOS-XE

Platform pendukung infrastruktur jaringan komputer dapat dikelompokkan menjadi dua: kabel dan nirkabel. Apabila Anda menggunakan jaringan kabel, maka perangkat Anda terhubung ke switch. Apabila Anda menggunakan jaringan nirkabel, maka perangkat Anda terhubung ke access point (AP). Jika Anda saat ini masih menggunakan Cisco Catalyst Switch dan Cisco Aironet Access Point, maka Anda pasti tahu kedua product family tersebut memiliki sistem operasi (OS) yang berbeda.

Cisco memutuskan untuk menyederhanakan OS menjadi satu, yaitu IOS-XE. Slogan yang digunakan Cisco, “One less O.S.” menekankan bahwasanya manajemen perangkat infrastruktur jaringan Anda menjadi lebih sederhana. Anda hanya perlu menguasai satu OS untuk keseluruhan infrastruktur jaringan.

 

  2.   CISCO DNA CENTER

Cisco IOS-XE juga sudah memiliki kemampuan untuk menyederhanakan manajemen semua perangkat jaringan Anda dalam satu controller, yang terpusat dalam Cisco DNA Center.

Bayangkan perusahaan Anda semakin hari menjadi semakin berkembang, semakin banyak pengguna jaringan dalam perusahaan Anda. Tidak hanya manusia yang menjadi pengguna jaringan, namun infrastruktur operasional Anda juga menjadi pengguna jaringan (akan kita bahas lebih lanjut dalam pembahasan Internet of Things).

Untuk mendukung jumlah pengguna yang semakin banyak tersebut, tentu saja akan ada penambahan switch dan/atau AP dalam jaringan Anda. Sebelum Anda sempat kewalahan mengatur switch dan AP Anda, pastikan switch dan AP Anda sudah mendukung fitur software defined network (SDN). IOS-XE pada semua platform Cisco Catalyst 9000 sudah siap dikontrol oleh Cisco DNA Center. Jika Anda sudah mantap memiliki niat untuk beralih ke SDN, Anda hanya perlu investasi DNA Center sembari memastikan Cisco DNA License Anda masih aktif.


Mumpung di sini, kami akan bantu jelaskan pertanyaan sejuta umat mengenai Cisco DNA License.

“MAS, DNA- NYA TOLONG DI-TAKEOUT SAJA BISA GA?”

Tidak bisa. Cisco DNA License tidak dapat dihilangkan dari permintaan unit Cisco Catalyst 9000 untuk pembelian pertama kali.

KENAPA GA BISA MAS? SAYA KAN BELUM MAU PAKAI.”

Karena visi Cisco sejak peluncuran seri 9000 adalah penyederhanaan manajemen perangkat menggunakan SDN. Anda tidak tidak perlu khawatir soal harga. Jika Anda bandingkan harga Cisco 9000 dengan versi sebelumnya, biasanya Cisco 9000 akan lebih murah meskipun sudah termasuk Cisco DNA License.

“MANFAATNYA APA KALAU ADA LICENSE NGANGGUR?”

Supaya bermanfaat Anda dapat menggunakan Cisco DNA Center 

“BAIKLAH. NANTI KALAU MASA BERLAKU LICENSE SUDAH HABIS GIMANA?”

Fitur otomatisasi tidak dapat digunakan lagi. Apabila Anda tidak pernah menggunakannya, Anda tidak wajib untuk memperbaruinya.

BUDGET KAMI TIDAK CUKUP UNTUK CISCO 9000, ADA OPSI LAIN?”

Cisco merekomendasikan Cisco Meraki sebagai solusi infrastruktur jaringan Anda, sebagai alternatif lebih murah dan sudah mendukung SDN.

 

Mari kita lanjutkan pembahasan fitur-fitur  

 

  3.   INTENT BASED NETWORKING (IBN)

Jika akhirnya Anda memutuskan untuk beralih ke Cisco 9000 dan menggunakan DNA Center, maka Anda akan memiliki fitur keren ini. Fitur ini berpotensi mengurangi biaya operasional Anda. Kok bisa? Mayoritas pekerjaan yang berhubungan dengan IT adalah troubleshooting. Dengan menampilkan keseluruhan jaringan dalam 1 display, Anda akan lebih cepat menemukan akar permasalahan jaringan Anda. Terlebih lagi, dengan adanya IBN, proactive management dapat dilakukan. Sehingga sering kali permasalahan jaringan Anda sudah selesai duluan sebelum sempat menjadi masalah.

 

  4.   KEMUDAHAN DALAM SEGMENTASI DAN KEAMANAN JARINGAN

Anda cukup familiar dengan segmentasi menggunakan VLAN? Bagaimana biasanya Anda melakukannya? Menggunakan command line interface (CLI) kan? Bagaimana jika switch yang perlu dikonfigurasi lebih dari 50 unit? Dengan Cisco 9000 dan DNA Center, segmentasi jaringan Anda menjadi jauh lebih mudah. Bahkan semudah Anda membuat segmen yang sifatnya user defined (Anda memberi nama sendiri) dan mengelompokkan pengguna jaringan dalam bentuk nama pengguna, bukan alamat IP. Mudah bukan? Butuh demonstrasi atau proof of concept

(POC)? Hubungi www.nusanetwork.com  


  5.   SIAP MIGRASI MENUJU WI-FI 6

Wi-Fi 6, suatu teknologi baru yang harus mulai Anda pertimbangkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa koneksi nirkabel jauh lebih praktis dibandingkan koneksi kabel. Jika kecepatan kedua jenis koneksi ini sama, maka kemungkinan besar Anda akan lebih memilih koneksi jenis nirkabel. Teknologi ini sangat praktis dan fleksibel karena Anda dapat terhubung ke jaringan tanpa terikat tempat. Selain itu, tren bring your own devices (BYOD) juga tak mungkin dijalankan jika hanya terfokus pada koneksi kabel. Namun sering berbagai keluhan koneksi nirkabel kita temui: koneksi lambat, jumlah pengguna daring yang terbatas, permasalahan di keamanan jaringan, dll.

Keluhan-keluhan tersebut di atas dapat diatasi menggunakan teknologi Wi-Fi 6. Secara umum berikut karakteristik Wi-Fi 6 yang ditawarkan oleh Cisco:

· Kapasitas pengguna hingga 4 kali lebih banyak.

· Efisiensi penggunaan baterai hingga 3 kali lipat.

· Throughput, atau sering kita sebut kecepatan akses yang lebih cepat hingga 4,8 Gbps.

· Teknologi keamanan baru, WPA3.

Beberapa gawai yang mungkin sudah Anda gunakan juga sudah memiliki dukungan Wi-Fi 6. Contoh sebagai berikut: iPhone 11, Samsung Galaxy S10, Huawei P40 Pro, Lenovo Yoga c940, dll. Jika Anda memiliki gawai yang sudah memiliki dukungan Wi-Fi 6, namun infrastruktur jaringan Anda belum ada dukungan Wi-Fi 6, sangat disayangkan bukan?

Cisco 9000 sudah didesain dari awal untuk memiliki dukungan Wi-Fi 6. Baik dari produk AP maupun switch yang bandwidth-nya sudah mumpuni untuk menangani AP Wi-Fi 6. Hal ini patut Anda pertimbangkan.

 

 

  KELUARGA PRODUK CISCO CATALYST  9000

Cisco Catalyst 9000, solusi lengkap infrastruktur jaringan Anda. Segala komposisi yang Anda butuhkan dapat Anda temui di sini. Mari kita mengacu pada gambar yang kami kutip dari infographic resmi Cisco Catalyst 9000.



Sangat lengkap bukan? Berikut penjelasan singkat masing-masing produk Cisco 9000.

 

  1.   CISCO CATALYST 9100

Cisco Catalyst 9100 merupakan solusi access point Cisco 9000. Tentu saja AP ini sudah memiliki dukungan Wi-Fi 6 dengan segala dukungannya.

 

  2.   CISCO CATALYST 9200

 

Cisco Catalyst 9200 merupakan solusi fixed access switch kelas menengah dari keluarga Cisco 9000. Patut dipertimbangkan jika Anda menggunakan jaringan Wi-Fi 6, karena throughput yang dapat di-handle oleh switch ini bisa mencapai 10 Gbps per port-nya. Sedangkan uplink yang didukung hingga 25 Gbps.

 

  3.   CISCO CATALYST 9300

Cisco Catalyst 9300 merupakan solusi fixed access switch kelas atas yang disediakan oleh Cisco 9000. Sangat cocok untuk mendukung infrastruktur jaringan Anda yang membutuhkan bandwidth lebih besar dari Cisco 9200. Selain daya power over ethernet (PoE) yang mencapai 60 Watt, uplink yang didukung juga mencapai 40 Gbps.

 

  4.   CISCO CATALYST 9400

Switch modular selalu cocok apabila Anda memiliki rencana ekspansi bisnis Anda. Mengapa? Karena Anda dapat melakukan penambahan “switch” secara bertahap dalam 1 perangkat. Selain itu manajemen perangkat menjadi lebih sederhana. Cisco Catalyst 9400 merupakan solusi modular access switch dari Cisco 9000. Segala kelebihan yang Anda harapkan dari Cisco 9300 juga dapat Anda temui di produk ini.

 

  5.   CISCO CATALYST 9500

Berikutnya solusi fixed core switch oleh Cisco 9000. Dukungan bandwidth yang Anda butuhkan hingga 100 Gbps dapat Anda temui dalam penampilan 1 rack unit (RU) Cisco 9500.

 

  6.   CISCO CATALYST 9600

Jika Cisco Catalyst 9400 merupakan access switch, maka Cisco Catalyst 9600 merupakan modular core switch dari keluarga Cisco 9000. Dalam 1 unit Cisco 9600, Anda dapat menggunakan porsi bandwidth hingga 25,6 Tbps.

 

  7.   CISCO CATALYST 9800

Keluarga produk terakhir dari Cisco 9000 adalah Cisco Catalyst 9800 yang merupakan produk wireless controller. Sebenarnya Anda tidak harus memiliki “perangkat” Cisco 9800, karena jika Anda memiliki alokasi virtual machine (VM) dalam data center Anda, maka Anda dapat menggunakan Cisco 9800 versi VM.



PENUTUP

Kami berharap artikel ini dapat menjadi bahan referensi Anda untuk lebih mengenal Cisco Catalyst 9000, dan tentu saja menjadi bahan pertimbangan Anda untuk meningkatkan taraf bisnis Anda. Apabila Anda masih penasaran dan memiliki pertanyaan lebih lanjut, hubungi kami di www.nusanetwork.com

REFERENSI

“Cisco Catalyst 9000 Wireless and Switching Family”. Cisco.com, 22 Juli 2020 . <

https://www.cisco.com/c/en/us/solutions/enterprise-networks/catalyst-9000.html >

 

“Cisco Digital Network Architecture FAQ” . Cisco.com, 22 Juli 2020 . < https://www.cisco.com/c/en/us/solutions/collateral/enterprise-networks/digital-network- architecture/nb-06-digital-nw-architect-faq-cte- en.html#:~:text=The%20primary%20benefits%20of%20Cisco%20DNA%20are%3A&text=IT%20agility%20and

%20scale%3A%20Through,percent%20faster%20network%20service%20provisioning. >

 

“Catalyst 9000 Infographic Interactive” . Cisco.com, 22 Juli 2020 . <

https://www.cisco.com/c/m/en_us/products/wireless/catalyst-9000-infographic-interactive.html >

 

“Cisco Catalyst 9000 At-a-Glance” . Cisco.com, 22 Juli 20202 . < https://www.cisco.com/c/en/us/products/collateral/switches/catalyst-9000/nb-09-cat-9k-aag-cte- en.html >

 

“Cisco Intent-Based Networking (IBN)” Cisco.com, 22 Juli 2020 . <

https://www.cisco.com/c/en/us/solutions/intent-based-networking.html >

 

“IEEE 802.11ax: The Sixth Generation of Wi-Fi White Paper” Cisco.com, 22 Juli 2020 . <

https://www.cisco.com/c/en/us/products/collateral/wireless/white-paper-c11-740788.html >

 

“Wi-Fi 6: The Next Generation of Wireless” Meraki.cisco.com, 22 Juli 2020 . <

https://meraki.cisco.com/lib/pdf/meraki_whitepaper_wifi6.pdf >

 

“Wi-Fi 6 devices: The top compatible phones, laptops and gadgets so far” Cnet.com, 22 Juli 2020 .

< https://www.cnet.com/news/wi-fi-6-devices-the-top-compatible-phones-laptops-gadgets-routers-so- far/ >

Technology,
Share this post
We run all kinds of IT services that vow your success