Tentang Nutanix

Nutanix adalah solusi hyper-converged dimana fungsi server dan storage digabungkan ke dalam satu perangkat dengan ukuran hanya 2U dengan proporsi yang unik sehingga sangat mudah untuk melakukan ekspansi sistem berbeda dengan solusi converged lain yang ada saat ini. Nutanix adalah pioneer atau yang pertama kali memperkenalkan dan mempopulerkan teknologi Hyperconverged Infrastructure. Apa yang dilakukan Nutanix terhadap datacenter tradisional adalah mengubah paradigma yang sebelumnya menggunakan SAN pada solusi virtualisasi. Nutanix menggunakan software untuk membebaskan ketergantungan terhadap propetiary hardware.

Simplifying Infrastructure

Diagram Per Node

Nutanix menggabungkan SSD flash (Support All Flash dan/atau Hybrid), SATA disk, CPU dan Memory ke dalam sistemnya. Perangkat Nutanix terdiri dari Node (Server dan Storage) dan Block (Chassis). Setiap chassis Nutanix terdiri dari 3 Node atau lebih. Nutanix OS memungkinkan setiap Node pada Chassis bekerja dengan sistem cluster sehingga jika ada Node yang gagal pada cluster maka sistem tetap bekerja secara normal. Baik VM maupun data tidak ada yang hilang. Nutanix OS berfungsi sebagai software-defined storage OS yang mengubah storage lokal (SSD dan SATA) menjadi Nutanix Distribution File System menjadikan suatu pool penyimpanan data dari setiap member cluster-nya.

Diagram Cluster Nutanix

Terinspirasi oleh Google File System, NDFS menggunakan teknik seperti striping, replication, auto-tiering, error detection, fail-over, dan automatic recovery. NDFS menjadikan local storage ke dalam suatu pool besar yang digunakan sebagai datastore untuk hypervisor. Nutanix mendukung semua fitur-fitur yang dimiliki hypervisor (VMware, Hyper-v, KVM) seperti vMotion, HA dan DRS. Penambahan Node dapat dilakukan secara plug n play sehingga sangat mudah dalam melakukan ekspansi cluster.

Nutanix Private Cloud Solution