Cisco High-Density Large Campus Design

Desain campus network dengan kategori high-density memiliki beberapa distribution switch yang terhubung ke core switch dan sejumlah besar access switch untuk menghubungkan perangkat-perangkat wired dan wireless. Kategori desain ini mampu mendukung perangkat-perangkat end device hingga lebih dari 15.000 perangkat, memiliki fitur high availability untuk menjaga kestabilan jaringan, dan dapat mendukung fitur-fitur lanjutan seperti NetFlow dan virtualisasi dan segmentasi jaringan. Penekanan dalam solusi desain ini adalah kebutuhan untuk: critical business continuity dan fitur tingkat lanjut; jadi Anda dapat juga menggunakannya meskipun jaringan Anda tidak sampai 15.000 end devices.

Secara umum jaringan ini dapat digunakan oleh perusahaan dalam kategori large enterprise: yang memiliki lebih dari 1.000 karyawan, staf IT khusus, dan biasanya memiliki banyak cabang. Kestabilan jaringan merupakan hal krusial dalam perusahaan ini, karena biasanya seluruh data perusahaan disentralkan di kantor pusat. Meskipun kantor-kantor cabang dapat menggunakan desain jaringan yang lebih minimalis, sangat disarankan kantor pusat mengadaptasi desain jaringan ini.

Campus Core

Core switch digunakan untuk interkoneksi antar distribution switch, maka untuk memudahkan konektivitas dan manajemen jaringan disarankan untuk menggunakan switch Layer 3. Cisco memiliki 2 pilihan core switch untuk mendukung jaringan dengan kategori high-density. Berikut pilihan platform flagship dari Cisco :

Cisco Nexus 7700

Cisco Nexus merupakan switch dengan fitur virtual device, sehingga dalam 1 unit switch dapat digunakan untuk keperluan core switch dan core data center. Switch dapat diatur untuk memiliki PortChannel virtual antar switch. Switch ini juga memiliki kapasitas dukungan bandwidth hingga 10 / 40 / 100 Gigabit Ethernet.

Catalyst 6800 dengan Supervisor 6T

Cisco Catalyst seri ini mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan core switch. Anda dapat mengonfigurasi beberapa switch ini untuk menjadi 1 manajemen dengan Virtual Switch System (VSS), dengan pilihan supervisor redundant, sehingga menjadi kesatuan core switch yang tangguh dalam 1 manajemen.

Campus Wired Distribution, Wired Access, and Wireless

Dalam jaringan campus network berkapasitas tinggi, pemilihan distribution dan access switch memiliki dasar sebagai berikut: kapasitas perangkat end device, pilihan interface, redundant power supply dan control plane modular, dengan dukungan fitur-fitur tingkat lanjut.

Jaringan nirkabel sebaiknya disentralisasi menggunakan wireless controller. Access point yang digunakan memiliki kapabilitas 802.11ac Wave 2 dan CleanAir.

Tabel di bawah ini menunjukkan pilihan tipe switch dengan high-density large campus.

*Tipe ini tidak dapat diimpor ke Indonesia. Opsi penggantinya adalah seri Catalyst 9800.

Rekomendasi ini berdasarkan Cisco Validated Design pada Januari 2018. Anda dapat melakukan kustomisasi desain sesuai kebutuhan bisnis Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.